Selasa, 08 Juni 2010

Tips sehat kerja di depan komputer



Jika Anda bekerja di rumah atau di kantor atau sebagai internet maker kemungkinan besar Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer anda. Hal ini jelas sebagai rutinitas pekerjan anda. Terkadang membosankan terkadang pula melelahkan sehingga dapat mengganggu stabilitas kesehatan dan produktifitas pekerjaan anda . Berikut adalah beberapa tips sehat untuk anda yang bekerja menggunakan banyak waktu di depan komputer :

1. Setting meja dan kursi kerja anda agar lebih ergonomis. Pastikan Anda memiliki kursi yang nyaman dan mendukung bahwa anda diposisikan dengan baik untuk mengetik. Jangan meletakkan printer atau perangkat keras yang sering anda gunakan terlalu jauh. Perhatikan juga jarak monitor anda.

2. Perhatikan sirkulasi udara ruangan kerja anda. Buatlah senyaman mungkin. Dengan sirkulasi udara yang baik anda akan di buat jauh lebih konsentrasi.

3. Jangan sekali kali makan atau minum diatas meja kerja anda. Ini dapat membahayakan komputer atau laptop anda. Bila terdapat makanan yang tumpah akan menyebabkan tumbuhnya bakteri di atas meja kerja anda. Jelas mengganggu bukan?

4. Bersihkan mouse, keyboard dan perangkat lainnya secara berkala. Bersihkan perangkat tersebut agar jauh dari debu dan bakteri.

5. Istirahatlah sejenak. Jika anda merasa cukup lelah ada baiknya istirhatlah sejenak. Dengan istirahat diharapkan tenaga akan pulih kembali dan lakukan gerakan–gerakan ringan untuk merenggangkan kepenatan.

6. Rileks sejenak. Bila komputer anda tersambung dengan internet cobalah buka website favorit anda pada saat istirahat. Atau sekedar mencari tips-tips sehat, bisa juga mencari resep makanan favorit anda.

7. Buat sebaik mungkin rencana kerja anda pada hari yang bersangkutan. Bisa juga untuk beberapa hari selanjutnya.

8. Bila sudah terlalu penat sebaiknya tunda pekerjaan anda dan istirahatlah. Bila di teruskan akan menggangu konsentrasi pekerjaan anda.

9. Bekerjalah Dalam Ruangan Yang Cukup Cahaya
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja anda, Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari anda menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan anda cukup terang agar mata anda tidak bekerja terlalu keras.

sumber :monicaqutezz.blogspot.com dari sobatsehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar